Close it

Senin, 02 Mei 2011

8 Pengertian AJAX (Asynchronous JavaScript And XML)►► URL : http://wwdq.blogspot.com/2011/05/pengertian-ajax-asynchronous-javascript.html.

Share
AJAX adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript And XML. AJAX merupakan teknik baru di dunia pengembanan halaman web yang berguna untuk membuat aplikasi web, yang lebih “kaya” dibandingkan dengan aplikasi web biasa.
Apa triknya sehingga AJAX bisa membuat halaman web yang lebih kaya? Jawabannya adalah Ajax memungkinkan sebuah halaman web memperbarui data dari server yang ditampilkannya tanpa harus melakukan refresh, sehingga halaman terlihat lebih responsif.
Fitur dan ciri utama AJAX adalah sebuah halaman web tidak perl di-refresh setiap kali ada data baru yang ingin ditampilkan. Dengan demikian, sebuah aplikasi web akan terasa seperti aplikasi desktop saja. kecepatan, interaktivis, fungsionalitas, dan tingkat kegunaan halaman web akan meningkat.
Dari namanya, terlihat bahwa AJAX bersifat asynchronous. Arti asinkron di sini bahwa permintaan data tambahan dari server dan loadingnya dilakukan di background tanpa mempengaruhi tampilan dan sifat halaman web sekarang. Jadi, sembari AJAX bekerja mengambil data dari server, user yang membuka halaman web masih tetap bisa berinteraksi dengan alaman web tersebut, di mana halaman web tidak mengalami freezing seperti halnya aplikasi web konvensional.
Sekarang mungkin anda bertanya apakah AJAX itu sebuah bahasa pemrograman baru? bukan, AJAX sebenarnya bukan bahasa pemrograman baru, karena ternyata bahasa yang digunakan oleh AJAX adalah bahasa JavaScript yang sudah cukup berumur.
Ajax Merupakan Kombinasi Dari :
* XHTML (atau HTML) dan CSS untuk bahasa mark up dan tampilan.
* DOM yang diakses dengan client side scripting language, khususnya implementasi ECMAScript seperti JavaScript dan JScript, untuk menampilkan secara dinamis dan berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan
* Objek XMLHttpRequest untuk melakukan pertukaran data asinkronus dengan web server. Pada beberapa framework dan kasus Ajax, objek IFrame lebih dipilih daripada XMLHttpRequest untuk melakukan pertukaran data dengan web server.
* XML umumnya digunakan sebagai format untuk pengiriman data, walaupun format lain juga memungkinkan, seperti HTML, plain text, JSON dan EBML.

Seperti halnya DHTML, LAMP, atau SPA, Ajax bukanlah teknologi spesifik, melainkan merupakan gabungan dari teknologi yang dipakai bersamaan. Bahkan, teknologi turunan/komposit yang berdasarkan Ajax, seperti AFLAX sudah mulai bermunculan.

Semoga Bermanfaat

Bila Kurang Jelas, silakan bertanya dibawah ini .

Post Info :
Judul = Pengertian AJAX (Asynchronous JavaScript And XML)

Url = http://wwdq.blogspot.com/2011/05/pengertian-ajax-asynchronous-javascript.html

Author = Riloaw. At : 16.38 Senin, 02 Mei 2011 | Comment:8

Artikel Terkait

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

8 komentar:

  1. Makasih atas limu yang disampaikan, solanya saya baru beljar tentang programming..

    BalasHapus
  2. agan biasa pakai CMS yah ? *keliatan dari namanya :D* selamat belajar yah gan, ane juga pemain baru di dunia programing. terimakasih atas kunjungannya.

    BalasHapus
  3. cara menerapkan ajax pada blogspot bagaimana ya? tolong kasih tahu!

    BalasHapus
  4. saya juga tidak bisa gan, belum memperdalam masalah ajax, tapi saya pernah lihat blog yang pakai ajax, eksekusi ke halaman lain / loadingnya dilakukan di background.

    BalasHapus
  5. kita juga punya nih jurnal xml, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2350/1/02-02-005-Database%5BAgung%5D.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus
  6. terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini..

    BalasHapus
  7. Terimakasih Admin. Baru mengerti apa itu ajax padahal sering menggunakan web. hahaha

    BalasHapus

No Spam Please :)


Tambahkan Bookmark halaman ini untuk mempermudah Pencarian Anda [CTRL+D].