Close it

Selasa, 31 Mei 2011

3 Penyampaian Pemikiran, Agar Dapat Berkreasi►► URL : http://wwdq.blogspot.com/2011/05/penyampaian-pemikiran-agar-dapat.html.

Share
Dari judul diatas mungkin anda masih belum tahu jelas apa yang dimaksud pada postingan kali ini. Penyampaian Pemikiran, agar dapat berkreasi. yang dimaksud dari penyampaian pemikiran agar dapat berkreasi disini, adalah pemikiran membuat sebuah website sendiri dengan cara manual dari awal sampai akhir website itu jadi, Lebih Baik dari segi pengtahuan , daripada pembuatan website dengan menggunakan CMS, atau sejenisnya yang berfungsi memudahkan si Pembuat untuk membangun sebuah website.


Apa yang menjadi dasar saya berpikiran seperti itu? Bila anda terbiasa memakai yang instant seperti cms atau sejenisnya, anda tidak tahu sulitnya apabila membuat pemograman website secara manual. Sulit? Mungkin beberapa orang beranggapan "ngapain sih pakai yang sulit atau manual, kalau ada yang lebih mudah".
Menurut saya anggapan ini benar, mengapa? Karena memang benar yang mudah itu lebih efisien, dan dalam proses pembuatan tidak banyak memakan waktu, bahkan dari segi tampilan dan pemograman lebih sempurna yang instant daripada pemograman sendiri.

Tapi disisi lain pembuatan website dengan pemograman sendiri, anda jadi mengetahui step by step dalam pembuatan website tersebut. Dan yang terpenting membuat website dengan pemograman sendiri lebih membuat si pembangun website lebih kreatif dan inovatif karena apa yang ada dipikiran dituangkan langsung kedalam pembuatan website tersebut. Hasil akhirnya pun pasti berbeda dari yang lain, unik.

Disini akan memberikan contoh perbedaan pembuatan database ala CMS dan ala Coding
Berikut adalah gambar pembuatan database ala CMS :
contoh gambar pembuatan database di CMS
Seperti yang anda liat gambar diatas, dalam CMS pembuatan database mengunakan GUI (graphical user interface) yang memudahkan kita membuat database. Tetapi apakah anda tahu syntax pembuatan database tersebut?

<?php

$con = mysql_connect("localhost","username","password"); /*server, username, password*/
if (!$con)
{ die('Could not connect: ' . mysql_error());
}
if (mysql_query("CREATE DATABASE nama_db",$con)) //nama database
{
echo "Database created";
}
else
{
echo "Error creating database: " . mysql_error();
}
mysql_close($con);

?>
Syntax diatas adalah pembuatan database menggunakan coding. dengan pembuatan database menggunakan coding, anda pun jadi tahu syntax pembuat database tersebut. Ini hanya sekedar pengetahuan.

Dalam pembuatan tampilan website pun sama seperti pemograman dalam website tersebut. Saya akui tampilan website yang terbangun dari cms atau yang sejenisnya memang sangat bagus. Tetapi apakah uniq? Yang berarti berbeda dari yang lain. Mungkin saja orang lain diluar sana memakai tampilan yang sama.
Beda dengan membuat sendiri tampilannya, banyak kelebihan yang bisa didapat dari membuat sendiri tampilan website atau yang sering didengar dengan layout. Salah satunya yaitu membuat layout yang kita buat menjadi beda daripada yang lain karena yang terjadi dari pembuatan layout tersebut ialah hasil dari pemikiran dan keinginan sendiri. Dan selain itu, kita pun dituntut untuk berkreasi agar hasil akhirnya sesuai dengan yang diinginkan.

Dari semua pembuatan dengan cara manual pemograman maupun tampilan sebuah website, kita pun mendapat nilai +. Karena dari sini kita mendapat pelajaran bahwa berkreasi itu penting sebagai Inovasi Karya Anak Bangsa menuju Kemandirian Nasional.

Lebih hebat lagi bila anda bisa menguasai kedua-duanya, bisa dengan cara yang mudah/instant, bisa pula dengan cara manual.

Postingan kali ini saya terinsfirasi dari blog guru saya yang bernama Pak Mawan A Nugroho karena Beliau yang membuat sendiri blog yang dia miliki, dari pemograman hingga tampilannya.
Postingan ini dibuat dari pemikiran saya sendiri, jadi bila ada pemikiran lain dari para senior, mohon dimaklumkan dan dikomentari postingan ini. Terimakasih :)
Post Info :
Judul = Penyampaian Pemikiran, Agar Dapat Berkreasi

Url = http://wwdq.blogspot.com/2011/05/penyampaian-pemikiran-agar-dapat.html

Author = Riloaw. At : 10.12 Selasa, 31 Mei 2011 | Comment:3

Artikel Terkait

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

3 komentar:

  1. pengen bisa PHP suerrr...
    tp kagak ada yg ngajarinnya...wekekekekekkkk
    keep post my brooo \m/

    BalasHapus
  2. @Beben Koben Ane juga masbro, Belajar dikit2 biar ngerti.. :D hihihi... makasih masbro sudah bersedia berkomentar \m/

    BalasHapus

No Spam Please :)


Tambahkan Bookmark halaman ini untuk mempermudah Pencarian Anda [CTRL+D].